travelling untuk eksplorasi, gimana caranya?

Traveling Sendiri
Traveling sendiri memberikan kita kebebasan untuk melakukan apapun tanpa perlu kompromi dengan siapapun. Saat itu jugalah kita jadi lebih aware terhadap kebiasaan dan pilihan-pilihan yang kita buat. Misalnya, apakah kita orang yang senang bikin jadwal atau lebih suka spontan, atau apakah kita senang mencoba hal yang baru atau lebih suka dengan hal-hal yang sudah familiar.

Yang lebih penting lagi, traveling sendiri memberi kita kesempatan untuk menguji nyali juga mengasah kepercayaan diri untuk membuka diri terhadap hal-hal yang baru. Hasilnya, wawasan kita jadi lebih luas dan pastinya lebih percaya diri.

Lupakan Itinerary
Kalau kita orang yang teratur dan terbiasa menjadwalkan kegiatan, coba deh, lupakan itinerary dan perbanyak spontanitas selama perjalanan. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari sini, terutama tentang diri sendiri. Apakah kamu cukup berani dan percaya diri pergi ke tempat-tempat yang jarang didatangi orang lain?

Mengikuti itinerary yang dibuat berbekal informasi dari internet membatasi kita di tempat-tempat yang biasa didatangi turis. Dengan menjelajah tanpa itinerary, kita bisa menemukan tempat-tempat unik dan dapat pengalaman langka yang membuat kita lebih memahami masyarakat  serta budaya setempat.

Ngobrol dengan Penduduk Lokal
Jangan hanya ngobrol dengan teman-teman seperjalanan, tapi coba juga bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Misalnya, kamu bisa ngobrol dengan pemilik penginapan, supir taksi, atau pedagang. Atau, hampiri saja penduduk yang terlihat ramah lalu kamu ajak ngobrol. Dari obrolan bersama mereka, kamu bisa belajar lebih banyak tentang budaya lokal dan tambah ilmu baru.

Mencoba Gaya Hidup Lokal
Traveling jadi lebih bermakna dengan mencoba gaya hidup masyarakat setempat, mulai dari kuliner, transportasi, sampai menggunakan bahasa lokal. Pengalaman ini akan membuat kita jadi orang yang rendah hati karena sebagai pendatang yang tidak tahu apa-apa dan rela mengikuti budaya setempat untuk menghormati mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kulit sehat dengan collagen

Cegah Kulit Kering di Musim Hujan

Solusi Masalah Kulit Wanita Asia