Solusi Masalah Kulit Wanita Asia

Kulit wanita Asia seringkali mengundag decak kagum dari banyak orang, bahkan banyak wanita kaukasia menginginkan kulit cantik seperti wanita Asia. Tidak mengherankan, kulit warna kulit wanita Asia memang indah. Baik yang berkulit putih, kecokelatan, ataupun gelap selalu memiliki kesan eksotis yang menawan. Namun wanita Asia juga kerap menghadapi berbagai masalah kulit. Ini cara mengatasinya!

  1. Jerawat
    Jerawat adalah masalah yang paling umum dihadapi oleh wanita Asia. Jerawat biasanya timbul karena kondisi kulit yang berminyak dan kotor. Di Indonesia sendiri, dimana cuaca cukup panas dan tingkat polusi udara tinggi, jerawat mudah muncul. Selain itu kulit wanita Asia cenderung sulit menghilangkan bekas luka, sehingga setelah jerawat hilang, bekasnya akan tetap tinggal untuk beberapa waktu.
    Solusi: Jaga selalu kebersihan kulit wajah. Bersihkan sisa makeup dan cuci wajah hingga bersih setelah bepergian. Hindari memegang serta memencet jerawat karena akan membuat bekasnya lebih sulit hilang. Sementara untuk kulit bagian tubuh, gunakan lotion yang mengandung antioxidant agar kulit terlindungi dari pengaruh buruk lingkungan.
  2. Kulit berminyak
    Selain karena kelenjar minyak yang aktif, faktor cuaca juga berperan besar sebagai penyebab masalah kulit berminyak yang dialami oleh banyak wanita Asia. Meskipun begitu kulit berminyak juga memiliki keuntungan yaitu tidak mudah timbul keriput.
    Solusi: Siapkan kertas minyak sebagai pertolongan pertama wajah berminyak. Hindari menggosok wajah dengan scrub yang terlalu kasar karena hanya akan memicu produksi kelenjar minyak. 
  3. Hiperpegmentasi
    Wanita Asia memproduksi pigmen melanin kulit lebih banyak dibandingkan orang kaukasia. Positifnya, wanita Asia lebih terlindungi dari bahaya sinar UV yang dapat memicu terjadinya kanker kulit. Namun di sisi lain hal ini juga berarti kulit wanita Asia mudah mengalami gangguan pigmentasi seperti hiperpigmentasi, melasma, dan bintik-bintik.
    Solusi : Kamu bisa menggunakan lotion yang mengandung vitamin B3 untuk menghambat pembentukan melamin kulit hingga kulit lebih putih sekaligus mengandung SPF yang tinggi untuk melindungi  kulitmu dari bahaya sinar UV A dan UV B.
  4. Kulit kering
    Memang banyak wanita Asia yang memiliki kulit wajah berminyak, namun untuk kulit tubuh, justru cenderung kering. Menurut sebuah penelitian, orang Asia banyak kehilangan uap air melalui kulit, meskipun tidak dalam kondisi berkeringat.
    Solusi : Minum air putih sebanyak delapan gelas per hari sangat membantu, khususnya sebelum dan setelah tidur agar kulit tetap terhidrasi. Pertahankan juga kelembapan kulit dengan menggunakan lotion.
  5. Kulit Sensitif
    Kulit orang Asia cenderung sensitif karena memiliki lapisan korneum (lapisan kulit terluar) lebih tipis dibandingkan orang dari etnis lainnya. Tidak heran jika kulitmu mudah terasa perih atau mengalami kemerahan.
    Solusi : Kamu harus berhati-hati saat memilih produk perawatan kulit. Gunakan produk yang memiliki kandungan madu agar kesehatan dan kelembutan kulitmu senantiasa terjaga ya, Honey!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kulit sehat dengan collagen

Cegah Kulit Kering di Musim Hujan